Live Mekah dan Live Madinah

Saksikan siaran live Mekah dan live Madinah di caraindonesia.com setiap hari selama 24 jam langsung dari Makkah almokarramah insya Allah.

Silahkan share supaya syiar Islam semakin bermanfaat & berpahala bagi kita.

 

Live Mekah

 

Live Madinah

Advertisements

 

Di antara kemuliaan Tanah haram (Makkah dan Madinah adalah akan dilipatgandakan pahala shalat di masjid di tanah tersebut.

Seperti yang kita semua tahu, bahwa pahala shalat di Masjidil Haram adalah 100.000 kali dari shalat di masjid lainnya.

Dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya. (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)

Lalu apakah hal itu berlaku di Masjidil Haram saja ataukah di seluruh Makkah? ada silang pendapat antara para ulama. Pendapat terkuat, berlipatnya pahala berlaku umum di seluruh tanah haram (di seluruh Makkah). Karena dalam Al Qur’an dan As Sunnah, seluruh tempat di Makkah disebut dengan  Masjidil Haram.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya (QS. Al An’am: 160).

Dan juga banyak hadits yang shahih yang menerangkan hal ini.

Berbeda dengan kebaikan yang kita lakukan di Makkah, maksiat, tidak akan dilipatgandakan dosanya secara jumlah baik di tanah haram atau selainnya.

Dosa itu dilipatgandakan dilihat dari maksiat yang dilakukan (kaifiyah).

Berbeda-beda antara dosa, ada dosa yang amat berat, ada yang balasannya keras karena dilakukan di waktu dan tempat tertentu, seperti dilakukan di bulan Ramadhan, di tanah haram yang mulia, di Madinah Al Munawwaroh dan semacamnya.

 

Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Jika sekarang kita hanya bisa melihatnya saja melalui live Mekah dan live Madinah ini, semoga nanti Allah mengundang kita menginjakkan kaki kita di tanah haram yang mulia.

 

Baca & nikmati perjalanan ibadah di tanah suci di sini.

Tinggalkan Balasan

  • Post author: