8 Ide Kegiatan Anak di Rumah Saat Mereka Mulai Bosan

Semakin merebaknya virus Covid-19, masyarakat menuruti himbauan pemerintah agar tidak keluar rumah, termasuk melakukan semua kegiatan anak di rumah.

Ini menjadi tindakan yang bijak dan berdampak luar biasa untuk memutus mata rantai merebaknya virus dan melindungi anak-anak dari wabah ini.

Perasaan mulai tidak betah di rumah karena jenuh niscaya menghinggapi kita semua saat ini, apalagi si kecil yang terbiasa bermain dengan teman-temannya.

 

Terlalu sering bermain game atau bermain gadget sebaiknya dihindari karena banyak dampak buruknya, terutama soal kecanduan game dan gadget.

Namun bukan berarti kita tidak ada pilihan aktivitas buat menghilangkan kebosanan anak-anak selama diam di rumah saja.

Advertisements

kegiatan anak di rumah

 

Momen seperti ini lah peran ayah dalam menemani kegiatan anak di rumah bisa dilakukan. Jangan lupa, ayah juga harus berperan dalam mendidik anak.

Bersama si kecil, orang tua terutama ayah, bisa bisa mulai mencoba menjalankan akitivitas-aktivitas positif ini:

 

Belajar Eksperimen

Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, maka mencoba eksperimen-eksperimen ilmiah sederhana dapat memenuhi rasa ingin tahu mereka.

Banyak eksperimen menarik yang dapat dilakukan dirumah dengan bahan seadanya, seperti memberitahu pentingnya mencuci tangan dengan sabun di tengah masa wabah ini.

 

Dengan menciptakan ilustrasi eksperimen ilmiah dengan peralatan seadanya di rumah, akan membuat kegiatan anak di rumah menjadi lebih seru.

 

Membuat Mainan Dengan Bahan Rumahan

Semua anak kecil niscaya jenuh saat tidak ada kegiatan di rumah selama masa pandemi corona, namun bukan berarti harus juga keluar uang untuk menyenangkan mereka.

 

Kita bisa mencoba membuat mainan bersama-sama dengan hanaya menggunakan material yang sederhana yang tersedia di rumah, agar lebih hemat.

 

Bercocok tanam

Mengajak Si kecil dengan ketika kita melakukan aktivitas bercocok tanam selama menunggu wabah ini berakhir, bisa menyingkirkan kebosanan.

Bukan hanya dapat mengajarkan ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup, berkebun serta bercocok tanam juga menumbuhkan rasa peduli terhadap alam sekitar dari masa kanak-kanak.

Advertisements

 

Jika kita tidak punya halaman yang cukup luas, kita bisa mengajari mereka si kecil dengan menanam tanaman yang mudah tumbuh di dalam rumah.

 

Melukis Dengan Jari

Hampir tidak ada anak yang tidak suka melukis, bahkan lantai, meja, tembok pun seringkali jadi sasaran tempat melukis anak-anak.

 

Jika tidak punya cat air untuk melukis, aktivitas ini juga dapat dilakukan dengan bahan seadanya dirumah, misalnya memakai pewarna makanan.

Aktivitas melukis dengan jari ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkreasi dan motorik kasar si kecil.

 

Belajar Membaca Alquran

kegiatan anak di rumah

 

Karena sehari-harinya kegiatan anak di rumah lebih sering dengan bundanya, belajar dengan sang ayah tentu bisa menjadi menyenangkan bagi mereka.

Selain karena kewajiban mengajari Islam kepada anak utamanya dilakukan oleh ayah, momen kali ini juga bisa membuat anak melepas rasa rindu kepada ayahnya.

Mengajari anak-anak belajar membaca Alquran bukan hal yang sulit, ada banyak channel youtube yang mendidik jika kita klik link ini.

 

Memasak Bersama Dengan Resep Sederhana

kegiatan anak di rumah

 

Memasak bersama anak akan menolong si kecil dalam mengeksplorasi berbagai jenis makanan dan cita rasa.

Aktivitas ini juga akan menumbuhkan kemampuan berkreasi, memperkenalkan buadaya makanan keluarga, bahkan mengajarinya arti tanggungjawab.

Untuk masak bersama ayah tidak harus membuat masakan dengan resep rumit khas bintang 5, cukup dengan resep sederhana salad buah di artikel ini juga bisa menghilangkan kebosanan anak-anak.

 

Berolahraga

 

Selain menjaga kesehatan dengan asupan gizi dan vitamin C, berolahraga juga meningkatkan daya tahan tubuh yang amat bermanfaat dalam masa pandemi virus Covid-19.

olahraga juga dapat mengubah suasana hati si kecil menjadi lebih ceria.

Jika khawatir untuk keluar rumah, olahraga ringan dapat anda kerjakan di pekarangan rumah kita.

 

Video Call Dengan Teman

 

Yang paling terasa hilang dari anak-anak ketika harus belajar dari rumah adalah kesempatan bertemu teman-teman mereka.

Namun karena saat ada wabah, wajib melakukan semua kegiatan anak di rumah, maka berikanlah mereka waktu untuk bertemu melalui video call.

Setelah anak-anak selesai video call dengan temannya, ajaklah mereka untuk menceritakan siapa saja temannya di sekolah.

Ini akan melatih anak-anak untuk terbiasa berkomunikasi dengan orang tuanya dan orang tua pun bisa tetap mengawasi pergaulannya di luar rumah.

 

Setelah membaca ide-ide kegiatan anak di rumah yang dapat kita kerjakan di rumah agar si kecil tak merasa jenuh, sekarang kita bisa lebih paham bagaimana membuat anak-anak lebih betah di rumah.

Selamat mencoba ya!

 

Baca juga bahaya gadget terhadap anak di artikel ini ya.

Tinggalkan Balasan