Ujian Nasional, Ini Trik Suskes Untuk Kamu

Ada yang merasa bangga sudah menjadi senior di sekolah, ada yang merasa takut untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang, ada yang semakin rajin belajar dan sisanya banyak yang merasa cuek atau tidak peduli.

ujian nasional

 

Semua pandangan itu nyatanya akan berbeda jika sudah selangkah lebih dekat pada ujian-ujian, seperti Ujian Praktik, Ujian Madrasah, Ujian Sekolah hingga Ujian Nasional, tepatnya hal ini akan terjadi pada semester dua. Percaya atau tidak, semester dua akan nampak pemandangan yang jarang terjadi, yaitu siswa-siswi akan terlihat lebih rajin belajar dan banyak mengerjakan soal latihan, baik  siswa yang biasanya memang sudah rajin maupun yang biasanya malas dan tidak peduli.

 

Tetap saja, seharusnya rajin belajar dilakukan jauh sebelum ujian, bahkan awal masuk kelas satu pun kita seharusnya sudah rajin belajar agar dapat menggapai banyak prestasi. Mengapa? Karena kelulusan ditentukan tidak hanya oleh Ujian Nasional tetapi juga ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapat nilai terbaik harus ditempuh sedini mungkin.

Advertisements

 

Bagi kamu kelas dua belas  SMA/MA/ SMK,  yang akan kamu hadapi bukanlah hanya Ujian Nasional yang terkesan menakutkan, namun masih ada ujian SBMPTN yang jauh lebih sulit. Yap! Tentu setelah selesai sekolah kamu akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukan? Salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri adalah dengan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

 

Perlu kamu ketahui, soal SBMPTN berkali-kali lipat lebih sulit dari Ujian Nasional. Bahkan ada yang mengatakan, “Jika kamu mendapat nilai 4 pada SBMPTN, maka sama dengan kamu mendapat nilai 9 pada UN,” sedangkan untuk mengerjakan soal-soal UN pun, terkadang kita sudah kewalahan karena sulit. Maka dari itu, yang harus kamu perhatikan bukan hanya Ujian Nasional, tapi SBMPTN yang jauh lebih penting.

 

Seorang mahasiswa ITB, Arief Rahman pernah mengungkapkan, “Saya tidak tahu sampai sekarang, apa fungsinya UN bagi kehidupan saya?” Ungkapan ini bukan berarti kita harus mengabaikan UN namun kita harus lebih mengutamakan SBMPTN yang menjadi gerbang agar bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri, karena jika kita mampu mengerjakan soal SBMPTN, maka otomatis kita akan mudah mengerjakan soal UN.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menghadapi ujian-ujian di kelas tiga ini? Ini triknya;

 

Bersihkan Hati Sebelum Ujian Nasional

Maksudnya bersihkanlah hati kita dari marah, dendam, iri terhadap teman, dan guru. Tidak bisa dipungkiri pasti kita pernah merasakan dendam, benci atau iri terhadap teman kita. Mulai dari sekarang ikhlaslah untuk saling memaafkan. Selain itu terhadap guru kita yang mengajar kita selama ini. Jujur saja, kamu pasti pernah merasa tidak nyaman, sakit hati dll.terhadap guru kita. Ingatlah, sangat dosa jika kita membenci guru kita, kitalah yang harus meminta maaf kepada mereka, tentu agar ilmu yang kita terima selalu berkah.

 

Buatlah Jadwal Belajar Untuk Ujian Nasional

Hal ini sangat efektif untuk menghindari  kamu dari rasa malas. Kamu akan merasa memiliki target yang harus kamu selesaikan, sehingga mau tidak mau kamu akan terbiasa untuk belajar setiap hari.

 

Perbanyak Mengerjakan Soal Latihan Ujian Nasional

Mengerjakan soal latihan UN dan SBMPTN harus seimbang, namun tetap harus mengutamakan SBMPTN. Jangan malu bertanya kepada guru apabila kamu tidak bisa mengerjakannya. Kerjakanlah soal secara bergantian. Maksudnya, jangan selalu mengerjakan satu mata pelajaran, tapi harus seimbang dengan mata pelajaran lainnya.

 

Seringlah mengunjungi ruang BP/BK

Disana, kamu akan banyak menemukan informasi mengenai dunia perkuliahan dan cara lainnya untuk menghadapi Ujian Nasional.

 

Itulah beberapa tips & trik  untuk kamu yang akan menghadapi banyak ujian di kelas dua belas ini. Jangan lupa menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan tidur yang cukup, agar pada saat pelaksanaan ujian, keadaan kamu sehat walafiat. Jangan lupa berdoalah kepada Allah dan serahkan semuanya kepada-Nya. Percayalah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Semoga Sahabat semua sukses!

(Afina Naufalia, Mahasiswi FPBS UPI Bandung)

 

Advertisements

Yuk baca juga 14 hal yang harus kita persiapkan sebelum mengikuti kursus bahasa Inggris di sini

Tinggalkan Balasan