Minyak Zaitun Untuk Wajah, Manfaat & Cara Membuatnya

Minyak zaitun atau dalam bahasa Inggris  disebut Olive Oil. Manfaat minyak zaitun untuk wajah sudah dipercaya masyarakat sejak ratusan tahun lalu.

Selain itu bermanfaat juga kulit, tubuh, dan rambut.

 

Minyak zaitun murni merupakan bahan alami untuk pembuatan sabun mandi, menghasilkan sabun zaitun yang mahal harganya.

Dengan keistimewaan  sabun zaitun, konsumen menginginkan kulit, wajah, tubuh, dan rambutnya terawat oleh khasiatnya.

 

Advertisements

minyak zaitun untuk wajah

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

  1. Pelembab kulit yang sempurna; Sabun minyak zaitun memberikan rasa yang sangat bersih, meskipun busa-nya sedikit. Ini memberikan efek pelembab yang bertahan lebih lama, bagi pemilik kulit kering & sensitif, ini sangat baik.

 

  1. Penghapus makeup; Selama tidak terkena mata,  untuk menghilangkan riasan sekitar mata, sabun minyak zaitun dapat menghilangkan make up dengan lembut tanpa mengiritasi kulit.

 

  1. Sifat antioksidan; Untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan radikal bebas pada kulit, sabun minyak zaitun sangat bagus, karena mengandung sifat antioksidan yang sangat kuat. Ia juga membuat awet muda  karena merangsang generasi sel baru, memperlambat berkembangnya kerut wajah.

 

  1. Sifat anti-inflamasi; Sering mengalami lecet pada kulit?Salah satu manfaat dari sabun ini bisa menyebuhkannya. Efek anti-inflamasi untuk membantu menyembuhkan, ruam dan bahkan kulit terbakar.

 

  1. Meredakan eksim dan psoriasis; Ia juga dapat meredakan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

 

  1. Sabun ekstra ringan dan lembut; menurut “Dermatologi Pediatrik” pada tahun 2008, minyak zaitun merupakan bahan yang cocok untuk krim yang digunakan pada bayi prematur. Jika aman untuk digunakan pada kulit bayi yang baru lahir, yang pasti lembut pada kulit sensitif.

 

  1. Membantu dengan jerawat; Sabun minyak zaitun tidak berminyak sehingga tidak akan menyumbat pori-pori, yang tentu saja cocok untuk kulit berjerawat.

sumber

 

Konsumen banyak mengincar sabun zaitun ini, menyebabkan sabun zaitun sulit dicari di pasaran.

Karena itu, daripada sulit mencari sabun zaitun di pasaran, lebih baik kita mencoba membuatnya sendiri, karena pembuatan sabun dilandasi ilmu Kimia cukup mudah dilakukan.

Jika kita sudah bisa membuatnya, kita juga bisa memasarkan produk sabun zaitun ini.

Nah,  agar produk dijamin aman, maka lebih baik jika diuji dulu kualitasnya di laboratorium badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM).

Demikianlah yang sudah dan akan terus dilakukan oleh program bidang studi Kimia jurusan IPA MAN Cianjur.

 

minyak zaitun untuk wajah

 

Cara Membuat Sabun Minyak Zaitun Untuk Wajah

Kami secara berkelompok dengan senang hati sudah mencoba membuat sabun zaitun dalam rangka praktikum pelajaran Kimia yang dibimbing Ibu Mubaroh, S.Pd. M.Pkim.

Saat praktikum ini tiba, peralatan yang kami gunakan cukup wadah plastik, wadah gelas, timbangan, sendok stainless steel, dan cetakan dari bahan plastik.

 

Bahan-bahannya yaitu minyak zaitun  235 gram, minyak kelapa 150 gram, minyak sawit  100  gram, NaOH  74 gram,  air 210 gram, bahan pewangi   10  ml.

Praktikum dimulai dengan menimbang  dan  melarutkan NaOH ke dalam air.

Caranya, padatan NaOH dilarutkan  sedikit demi sedikit ke dalam air, kemudian diaduk hingga larut.

Air dingin yang menjadi larutan NaOH panas ini didinginkan hingga diperoleh larutan yang jernih.

 

Langkah selanjutnya minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak sawit dituangkan  ke dalam wadah.

Kemudian  larutan NaOH  dituangkan ke dalam  campuran minyak dengan hati- hati.

Lalu, diaduk- aduk hingga lama kelamaan akan menjadi mengental dan warnanya yang  semula kuning keemasan  berubah menjadi kuning  pudar alami tanpa pewarna.

Jika campuran sudah mengental, maka bisa mulai ditambahkan pengharum dan kalau mau  pewarna juga.

 

Setelah itu,  produk sabun kental tadi dituangkan  ke dalam cetakan.

Dibiarkan satu sampai dua hari, dan menjadi keras, kemudian dipotong-potong dengan ukuran sesuai dengan selera lalu disimpan lagi.

Setelah tiga minggu  lama penyimpanan, akhirnya sabun zaitun  sudah  dapat digunakan. Nah, itulah cara- cara pembuatan sabun dari minyak zaitun.

Semoga artikel minyak zaitun untuk wajah ini bermanfaat.

 

Produk Yang Sudah Ada di Pasaran

Jika kamu malas repot membuatnya, di pasaran sudah tersedia berbagai merk.

Mungkin sabun minyak zaitun Mustika Ratu yang paling populer.

Hal ini bisa dipahami, karena selain sudah menjadi merk terkenal, sabun minyak zaitun Mustika Ratu juga dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Sabun minyak zaitun Mustika Ratu juga diklaim dapat mengencangkan kulit kamu.

Selain merk tersebut, juga ada beberapa merk lain seperti; The Body Shop Olive Soap, Wangsa Jelita Castile True Natural Bar Soap, Nubian Heritage Olive oil & Green Tea Bar, dll.

 

Hemat Dengan Membuat Bermacam Sabun Lainnya

Hemat dengan membuat sabun sendiri

 

Biaya untuk membuat sabun sendiri bisa 2-3 kali lipat lebih murah dari pada harga sabun bermerek buatan pabrik. Contohnya saja harga sabun cuci piring bermerek kisaran 13-14 ribu per-800 ml.

Jika Anda membuat sendiri, maka Harga Pokok Produksi (HPP) nya hanya kisaran 3-4 ribu rupiah saja.

Jauh lebih murah bukan? Jauh lebih hemat bukan?

Itu kalau untuk dipakai sendiri. Bagaimana kalau Anda jual juga? Berapa besarnya profit yang bisa Anda dapatkan?

 

Begini, jika sabun yang Anda buat sendiri Anda jual di pasaran, maka Anda bisa menjual dengan harga kisaran 8-10 ribu. Woow, sangat menjanjikan sekali. Profit Anda minimal bisa 100%.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Apa saja alat dan bahan-bahan yang harus disiapkan? Nah, itu mungkin pertanyaan-pertanyaan yang saat ini ada di benak Anda.

Lengkapnya cari tahu caranya di sini

 

(Afina Naufalia, MAN Cianjur)

 

Setelah membuat sabun yang sehat, sekarang kita baca yuk, cara menurunkan beran badan tanpa drama di sini dan juga cara membuat salad buat yang segar di link ini

 

Tinggalkan Balasan