Taman Mini Indonesia Indah Liburan Murah di Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu tempat alternatif untuk berwisata di akhir pekan. Taman Mini banyak dipilih warga untuk berlibur karena tempatnya yang menarik, harga terjangkau dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta.

Apalagi Taman Mini Indonesia Indah memiliki banyak wahana permainan yang menghibur dan memberikan edukasi untuk anak-anak, menjadikannya salah satu objek wisata Jakarta yang sudah lama terkenal. Kebanyakan pengunjungnya adalah warga Jakarta dan dari luar kota Jakarta.

 

Daftar isi:

 

taman mini indonesia indah

Advertisements

Apa Itu Taman Mini Indonesia Indah?

Pada tahun 1975, di tanggal 20 April, Taman Mini Indonesia Indah diresmikan oleh Ibu Negara pada saat itu, Tien Soeharto.

Berlokasi di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Lahan seluas 150 ha pun dibangun untuk TMII. Danau Archipelago diletakkan ditengah-tengahnya, lengkap dengan kepulauan Indonesia versi kecil.

Dengan area yang luas sekali, maka wahana yang bisa dibangun disinipun juga sangat banyak.

Bukan cuma sebagai tempat hiburan, Taman Mini Indonesia Indah dapat menambah wawasan kita.

Dibangun sebagai wadah untuk memperkenalkan berbagai macam budaya di Indonesia, beranekaragam kebudayaan Indonesia ditampilkan disini.

Kita bisa menyaksikannya dalam berbagai bentuk replika atau miniatur, yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

Pengenalan adat, budaya,dan satwa membuat Taman Mini Indonesia Indah menjadi salah satu tempat wisata Jakarta yang direkomendasikan.

34 anjungan daerah dengan ciri khas masing-masing daerah dihadirkan di Taman Mini Indonesia.

Selain itu terdapat 18 museum yang cukup lengkap, 20 wahana utama yang menjadi andalan pemasukan. Taman berjumlah 13 buah pun tersebar menghiasi TMII.

Di area ini ditambahkan pula dengan 22 fasilitas yang komplet, 7 rumah ibadah sebagai perwakilan setiap agama di Indonesia dan 13 bangunan utama TMII.

taman mini indonesia indah
Sumber: Tamanmini.com

 

Supaya lebih efesien waktu ketika berkunjung, kamu bisa download peta di dalam Taman Mini Indonesia Indah di atas dengan resolusi besar, pada bagian akhir artikel ini.

Taman Mini Indonesia Indah buka tiap hari Senin sampai Minggu (setiap hari). Dibuka pagi 08.30 WIB- 18.00 WIB.

Harga karcis untuk memasuki Taman Mini Indonesia Indah, sebesar Rp. 15.000 per orang untuk pintu masuk. Selain itu pengunjung juga diwajibkan membayar parkir, seperti sepeda Rp.1000, sepeda motor Rp. 10.000, mobil Rp. 15.000 dan bus Rp. 35.000. Tiket tersebut belum termasuk wahan dan permainan di TMII.

Cek harga tingket lengkapnya pada bagian akhir artikel ini ya.

Fasilitas Serta Wahana di Taman Mini Indonesia Indah

Melihat dinosaurus di Taman legenda Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah

 

taman mini indonesia indah
Peta Taman Legenda

 

Jika anak kita menyukai dinosaurus, maka Taman Legenda ini sangat seru bagi mereka.

Advertisements

Setelah membayar tiket masuk, kita akan menemukan pohon imitasi yang mengucapkan selamat datang, bagi anak-anak ini seru sekali. Di sebalahnya ada peta Taman Legenda seperti gambar di atas. Jangan lupa untuk merencanakan apa saja wahan yang akan kita singgahi, supaya menghemat waktu.

Di sini kamu akan melihat patung dinosaurus yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara seakan kita hidup di zaman yang sama.

Tidak melulu dinosaurus, di Taman legenda juga ada 17 wahana lain, diantaranya Mata Legenda, sebuah wahana kincir angin. Tidak jauh, ada Nirwata Kisar, sebuah komedi putar.

taman mini indonesia indah

Mengelilingi area ini dengan Mobil Gowes juga bisa menjadi pilihan yang seru bagi anak-anak. Jangan lupa untuk mencoba Perahu Bajak Laut, Ulat Selur, Anak Tirta dan Kereta Beos.

Tidak semuanya berbayar, Taman Bunga, Teater Legenda serta Meet Dino juga bisa kita nikmati secara cuma-cuma.

 

Lihat Dari Dekat Berbagai Burung di Taman Burung TMII

Ada 2 tempat di Taman Burung yang jaraknya berdekatan. Kita hanya perlu membayar satu tiket saja untuk memasuki keduanya. Baik Taman Burung dan Taman Konservasi Burung tiket seharga Rp. 20.000.

Yang seru di sini, ada sebagian burung yang dibiarkan bebas berkeliaran. Jangan takut, mereka jinak kok. Namun bagi kita yang ingin berfoto-foto dengan burung, harus membayar Rp. 5.000.

Lokasinya di bagian timur dari TMII atau bagian belakang, dekat dengan PP IPTEK dan Museum Migas Graha Widya Patra. Dengan luas 6 hektar, lokasi ini juga dilengkapi dengan tempat parkir.

 

94% burung yang ada merupakan asli Indonesia, sedangkan yang lainnya berasal dari luar negeri. Selain burung eksotis seperti cendrawasih, elang jawa yang termasuk burung langka pun ada.

 

Seluruh Provinsi di Indonesia Ada di Anjungan TMII

Sesuai dengan misi utama Taman Mini Indonesia Indah, di sini, 34 anjungan Rumah Adat bisa kita datangi secara gratis.

Manfaatkan anjungan-anjungan ini untuk bisa berfoto-foto dengan tema etnik Indonesia. Kamu bisa menyaksikan keindahan desain arsitektur rumah asli Indonesia dari tiap provinsi.

Setelah mengelilingi berbagai anjungan, kita akan menyadari, bahwa sebagian besar rumah asli di Indonesia, berupa rumah panggung. Nenenk moyang bangsa ini rupanya sudah paham, bahwa tanah air mereka adalah daerah rawan gempa.

34 anjungan ini lengkap dari Aceh hingga Papua. Sepulang dari anjungan-anjungan ini, kita bisa paham berbagai nama, bentuk dan ciri khas rumah adat setiap provinsi.

 

Monorail Canggih TMII

Lebih tepatnya aeromovel, bukan monorail. Untuk menaiki aeromovel ini kita bisa mendatangi 6 titik staisun yang tersebar, Taman Anggrek, Taman Burung, Taman Wisata, Taman Nusa, Taman Bunga, dan juga Taman Budaya.

Karena letaknya 6 meter di atas tanah, bagian paling menyebalkan adalah menaiki anak tangga. Tapi tenang saja, tidak terlalu banyak kok anak tangganya.

Ketika aeromovel ini tiba, kamu pasti akan terkejut, pada kereta ini tidak ada masinisnya. Iya, karena ini hasil dari ide mantan Presiden Soeharto yang ingin mengurangi jumlah kendaraan pribadi di Indonesia. Walaupun meniru dari Brazil, tapi kereta yang menggunakan tenaga angin ini, merupakan karya anak bangsa.

Bernama asli Titihan Samirono TMII pada ide awalnya, pada setiap stasiun, operator mengatur jalannya aeromovel ini.

Lintasan monorail ini bukan hanya sekedar landai saja, namun juga berkelok dan naik-turun. Kamu akan menikmati perjalanan melintasi berbagai anjungan, danau serta lainnya selama dua puluh menitan.

Sayangnya aeromovel tidak dilengkapi dengan AC, hanya mengandalkan angin dari jendela. Untung saja, Taman Mini Indonesia Indah banyak pohonnya!

 

Halaman berikutnya: Mobil Keliling, Kereta Api Kelinci, Sepeda Mengitari TMII & Istana Anak Indonesia

Tinggalkan Balasan

  • Post author: