Film Kartun Anak Dan Video Anak Islami Pilihan

Di zaman serba digital ini semua jenis film kartun anak mudah ditemukan, namun menemukan kartun muslim atau video anak Islami tidak mudah.

 

Jika kita melakukan pencarian kartun anak-anak baik di Google maupun Youtube, kita akan di berikan begitu banyak pilihan film kartun anak yang tentunya belum tentu tepat untuk anak kita.

film kartun anak
Tayo The Little Bus episode 021

 

Banyak film kartun anak, terutama yang berasal dari luar negeri, bahkan mempertontonkan adegan yang tidak sesuai budaya kita.

Jika kita mau memperhatikan, diantara yang dilabeli sebagai film kartun anak pun, banyak menyelipkan propaganda-propaganda yang menyesatkan seperti LGBT.

Advertisements

 

film kartun anak

 

Sebagai orang tua tentunya wajib bagi kita, bukan hanya memberikan hiburan kepada anak-anak, namun juga memberikan pendidikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,

Sesungguhnya Allah akan bertanya kepada setiap pemimpin tentang apa yang dipimpinnya. Apakah ia pelihara ataukah ia sia-siakan, hingga seseorang ditanya tentang keluarganya. HR. Ibnu Hibban (no. 1562)

 

Hadits shahih di atas menunjukkan bahwa kita sebagai orang tua tidak bisa sembarangan memberikan pendidikan bagi anak kita, karena akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.

Karena itu sudah semestinya kita menyaring apa yang akan menjadi tontonan bagi anak kita, bukan hanya menyerahkan begitu saja kepada anak-anak apa yang akan mereka tonton.

film kartun anak

 

Pada artikel Caraindonesia.com kali ini kita akan lebih mudah dalam menjalankan tugas kita mendidik anak, karena sudah dipilihkan 213 video anak Islami yang layak ditonton.

Dari mulai kartun shalat, belajar bahasa arab untuk anak, kartun muslim, video parenting anak bagi orang tua dan video anak Islami lainnya.

Berikut ragam playlist video anak Islami yang akan kita pilih temanya;

Parenting Anak

Iqra

Kartun Shalat

Doa Harian Anak

Surah Pendek

Serial Kartun Anak Muslim

Advertisements

Film Kartun Anak Kisah Para Nabi

Belajar Bahasa Arab Untuk Anak

Lagu Anak Paud

 


Parenting Anak

 

Daftar video anak Islami yang menjadi urutan pertama bukan film kartun anak atau sejenisnya, namun cara mendidik anak bagi orang tua.

Tentu saja ini karena sebelum mendidik anak kita sebagai orang tua juga perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik, melalui parenting anak.

 

Pada playlist Youtube ini akan menampilkan nasihat-nasihat parenting anak dari ulama-ulama besar Indonesia seperti Ustadz Abdul Somad hingga Ustadz Oemar Mita.

Tutorial parenting anak ini terdapat 4 video Islami yang disediakan oleh kanal yang ternama dengan 5,11 juta subscribers, Nussa Official.

 


Iqra

 

Melanjutkan pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak, belajar membaca Alquran tentu merupakan hal yang tak kalah penting.

Playlist ini terdiri dari 31 video belajar membaca Alquran dengan buku Iqra 1 yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat kita.

Metode yang ada di buku Iqra merupakan cara cepat membaca Alquran.

Walaupun bukan dalam bentuk kartun anak, tapi pengajar yang ada di video anak Islami ini secara lengkap memberikan contoh pengucapan tiap huruf dengan buku iqra.

 

Film Kartun Anak


Kartun Shalat

 

Perintah di dalam Alquran agar kita mendidik anak untuk shalat dimulai dari mulai umur 7 tahun dan dipertegas pada umur 10 tahun.

 

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizki kepadamu, Kami-lah yang memberi rizki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertaqwa.” [Thaahaa : 132]

 

Bukan hanya diperintahkan untuk mengajarkan shalat, namun juga sabar dalam mengerjakan shalat, yang artinya harus tertib dan tuma’ninah.

Dan yang harus diingat, perintah shalat wajib kepada laki-laki adalah di berjamaah masjid, bukan di rumah. Maka jangan lupa mengajak anak-anak kita untuk ikut ke masjid bersama-sama.

Hal ini sangat penting utnuk dilakukan agar si anak terbiasa dengan masjid, dan tertanam di benaknya sejak masih kanak-kanak.

 

Walaupun banyak kartun anak anak di youtube, tapi agak sulit menemukan kartun muslim yang lengkap untuk mengajarkan shalat kepada anak.

Namun di kartun shalat ini akan mengajarkan kepada anak bagaimana cara berwudhu, shalat serta bertayamum.

 

Diawali dengan rukun berwudhu, kartun shalat ini mengajarkan dalil-dalil dalam berwudhu baik dari Alquran maupun Hadits Nabi.

Setelah memberikan penjelasan mengenai rukun wudhu, kartun shalat ini mengajarkan tata cara berwudhu yang juga disertai dalil-dalilnya.

Pada akhir video yang pertama, di akhiri dengan mengajarkan doa setelah berwudhu.

 

Bukan hanya mengajarkan tata cara shalat, tetapi kartun shalat ini juga mengajarkan rukun shalat pada awal video.

Tata cara shalat pada kartun shalat ini juga disertai dalil-dalil gerakan shalat dan bacaannya secara lengkap.

 

Dalam video ketiga di playlist kartun shalat ini, diberi penjelasan kapan bertayamum bisa dilakukan.

Lalu dilanjutkan dengan tata cara berwudhu beserta dalil-dalil dan pada bagian akhir dijelaskan apa saja yang membatalkan tayamum.

Playlist video anak Islami ini yang disediakan oleh kanal youtube Sweetmeed.

 


Doa Harian Anak

 

Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melakukan aktivitas bisa dilakukan dengan memberikan tayangan kartun Muslim yang mendidik seperti ini.

Kartun Muslim ini juga sajikan dengan animasi yang sangat baik. Selain mengajarkan doa harian anak, playlist ini juga memberi terjemahan pada setiap doa harian.

Hal ini penting ketika mengajarkan doa harian anak, agar anak mengerti apa yang dia baca.

 

Ada beragam doa harian anak yang ada pada kartun Muslim ini, diantaranya, doa bangun tidur, doa masuk kamar mandi, doa naik kendaraan sampai doa memakai pakaian.

Playlist doa harian anak ini disediakan oleh kanal youtube Yufid Kids.

 


Surah Pendek

 

Bukan hanya di dunia, namun sampai di akhirat, kita sebagai orang tua akan mendapatkan manfaat dari hafalan Alquran yang dimiliki anak kita.

Sebagaimana yang terdapat dalam hadits;

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang menghafal Alquran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari.

Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Alquran.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani)

 

Tentu saja dengan tampilan visual dari kartun Muslim yang menarik akan membuat anak-anak lebih senang ketika menyaksikannya.

Playlist dari kanal youtube Kastari Sentra ini menyediakan 34 kartun Muslim untuk menghapal surah-surah pendek yang lengkap dengan terjemahannya.

Menghapal surah pendek Alquran beserta artinya tentu lebih baik bagi anak-anak, agar mereka mengerti hukum-hukum Islam yang ada di dalam Alquran.

Kelengkapan dengan terjemahan inilah yang membuat playlist ini bisa dijadikan rujukan ketika mencari kartun anak muslim.

 


Serial Kartun Anak Muslim

 

Siapa yang tidak mengenal serial kartun Muslim Nussa? Serial kartun muslim ini digarap dengan sangat serius, sehingga tampilan visualnya pun sangat menarik.

Film kartun anak anak ini digagas oleh Mario Irwinsyah yang bekerjasama dengan 4 Stripe Production dan digarap oleh The Little Giantz, yang merupakan sebuah studio animasi.

 

Setiap kisah dalam film kartun anak ini terdapat hikmah yang bisa dipahami dengan mudah oleh anak-anak. Selain itu, penyampaian kartun anak ini pun sangat ringan dan lucu.

Berbagai kisah dalam kartun Muslim ini merupakan kejadian yang bisa dijumpai anak kita sehari-hari.

 


Film Kartun Anak Kisah Para Nabi

 

Mencari kartun Muslim untuk tema kisah para Nabi juga bukan hal yang mudah, karena kartun anak yang beredar di Youtube, bukan hanya kisah Nabi dari ajaran Islam saja, namun dari agama lain.

Diantara banyak film kartun anak yag menceritakan kisah para Nabi yang ada pun banyak yang menggambarkan secara visual para Nabi tersebut.

Tentu saja film kartun anak jenis ini harus dihindari, karena Islam melarang para Nabi untuk divisualisasikan.

 

Kanal Youtube Educa Studio cukup memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai tontonan yang layak bagi yang mencari kartun Muslim dengan tema kisah para Nabi.

Playlist ini berisi kartun Muslim tentang 24 Nabi sebelum Nabi Muhammad, dengan tampilan dan alur cerita yang baik.

Sedangkan film kartun anak untuk kisah Nabi Muhammad bisa disaksikan di bawah ini;

 


Belajar Bahasa Arab Untuk Anak

 

Banyak dari kita belum menyadari pentingnya bahasa Arab. Padahal berbeda dengan kitab agama lain yang berkali-kali mengalami perubahan, Alquran tetap orisinil sampai hari kiamat.

Salah satu faktor yang membuat Alquran tetap asli seperti pada awal diturunkan adalah faktor bahasa Arabnya.

Berikut dalil jelas yang ada di dalam Al-quran mengenai pentingnya bahasa Arab;

 

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Alquran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf: 2)

 

Lalu dalil berikutnya;

 

وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ . نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ. عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنذِرِينَ. بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِينٍ

“Dan sesungguhnya Alquran ini benar-benar diturunkan oleh Pencipta Semesta Alam,  dia dibawa turun oleh Ar-ruh Al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.”(QS. Asy-Syu’ara: 192-195)

 

Lebih lanjut juga dikatakan oleh Imam Asy-Syafi’i rahimahullah

Maka wajib atas setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat kemampuannya.

Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dan dengannya dia bisa membaca kitabullah … (Ar-Risalah, 1/48)

 

Sebagai pembelajaran awal bagi anak 5 kartun Muslim ini cukup baik untuk dimanfaatkan sebagai bahan belajar bahasa Arab untuk anak kita.

Kanal Youtube Sobat Mukmin menyajikan kartun Muslim ini dengan warna-warna cerah yang menarik untuk anak-anak.

 


Lagu Anak Paud

 

Selain pendidikan tentunya anak-anak membutuhkan hiburan, tidak heran umumnya hampir semua balita senang bernyanyi.

Namun tidak semua lagu anak-anak yang ada di Youtube bisa kita jadikan tontonan bagi balita.

Pada bagian akhir artikel ini, playlist lagu anak Islami dari kanal youtube Omar & Hana – Lagu Kanak-Kanak Islam, bisa menjadi pilihan bagi kita yang memiliki balita.

Dengan kualitas audio visual yang hampir sama dengan Nussa, kartun Muslim dari playlist film kartun anak ini membawakan lagu anak-anak yang mendidik.

 

Nah lengkap sudah semua kebutuhan untuk mendidik anak-anak kita melalui film kartun anak dan video anak Islami.

Jika kamu punya rekomendasi film kartun anak juga, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan anak-anak kita lebih semangat belajar Islam.

Tinggalkan Balasan

  • Post author: