Orang Sunda. Ini Karakter Yang Harus Dipahami

Sebelum mengenal karakter orang Sunda, kamu pasti tau kan apa itu Sunda? Ya, Sunda adalah salah satu suku dari ratusan suku di Indonesia.

Bahasa Sunda adalah bahasa terbanyak dipakai oleh warga Indonesia setelah Jawa.

 

orang sunda

BUDAYA Sunda sangat banyak dan sangat menarik. Saya sangat menyenangi bahasa Sunda karena kosa katanya yang luas dan tidak sulit bagi saya.

Saya juga keturunan Sunda asli.

Advertisements

Sunda memiliki huruf tersendiri, yaitu huruf ngalagena. Seperti halnya Jepang mempunyai huruf hiragana, katakana , dan kanji, terus Korea dengan huruf hangeulnya.

Menurut saya, huruf ngalagena lebih mudah daripada huruf hiragana dan katakana karena hiragana dan katakana sudah berpasangan antara huruf vokal dan konsonannya.

Tetapi huruf Sunda, semua konsonannya berlafal a, hanya  ada rarangken yang bisa mengubah-ubah huuf vokal dan ditambah rarangken seperti r, ng, dan disukunkan hurufnya.

Berikut ini adalah fakta-fakta orang Sunda yang mungkin teman-teman belum tahu.

 

  1. Terkenal akan keramahannya. Apalagi orang Cianjur yang terkenal akan kelembutan bahasanya, dan dialek Cianjur Selatan yang khas.

 

  1. Mayoritas manis-manis. Kata orang luar aja, orang Sunda itu manis-manis.

 

  1. Orang Sunda itu kalau belum makan nasi pasti mengatakan belum makan. Itulah ciri khasnya

 

  1. Kebanyakan humoris, jarang sekali guru pelajaran bahasa Sunda yang galak. Kebanyakan baik-baik. Jadi saya sangat senang belajar bahasa Sunda.

 

  1. Budayanya banyak. Jaipong, mamaos, calung, dan masih banyak lagi. Namun yang saya kagumi itu adalah angklung karena sudah terkenal di seluruh dunia.Prestasi yang sangat menakjubkan. Sekarang, budaya Sunda sebagian seakan mulai hilang karena pengaruh budaya luar.

 

Ironisnya lagi, banyak sekali orang Sunda yang mengajari anaknya percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, bukan bahasa Sunda.

orang sunda
Moch Nazar Subardan

Oleh karena itu, kita sebagai warga Sunda, yuk kita lestarikan lagi budaya kita.

Kita buktikan pada dunia kalau kita itu hebat. Jadi harus bangga, jangan sampai budaya Sunda dicaplok negara tetangga. Hurip Sunda!

Seleah mengenal karakternya, kamu bisa mempelajari bahasanya di link ini, supaya bisa berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang Sunda.

(Moch. Nazar Subardan, MAN Cianjur)

Tinggalkan Balasan